Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Rendah Hati

 Mungkin kita sering mendengar kata-kata rendah hati, namun sayangnya itu masih belum bisa kita implementasikan sikap itu dalam kehidupan. Rendah hati tentu memiliki banyak manfaat, tapi seringkali kita mengabaikan hal ini. 

Selain rendah hati, ada juga rendah diri. Sangat berbeda antara rendah hati dan rendah diri, perbedaanya bisa dilihat dari cara berprilaku. Kalau rendah hati akan senantiasa bersyukur dan menghomati disekelilingnya, namun rendah diri akan sering merasa kurang (tidak bersyukur) terhadap apa yang ada pada dirinya. 

7 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Rendah Hati

Rendah hati itu sifatnya wajib (harus), kalau rendah diri itu tidak boleh. Yah, kita ini adalah ciptaan yang luar biasa dibanding mahluk lainnya, sudah memiliki penglihatan, tangan, kaki, dan sebagainya yang menjadi pembeda adalah akal pikiran. 

Coba bandingkan diri kita dengan monkey, masih mau rendah diri? Walau mungkin beragam bullyan terhadap kita. Yah, sadari bahwa ini hanya sementara dan fisik kita tidak akan dimintai pertanggungjawaban.

 Itulah pentingnya bagaimana kita untuk unggul dari segi prilaku, yah setidaknya walau covernya jelek, tapi isinya berkualitas. Kualitas seseorang akan bergantung pada bagaimana kita membentuk diri kita ini, jangan sampai kita terlihat jelek luar dalam.

Semua orang terlahir dari keluarga, ekonomi, suku, ataupun agama yang berbeda. Hampir seperti itu juga pembahasan kita kali ini yaitu rendah hati. Nah, ketika berbicara tentang rendah hati, pasti setiap orang memiliki sikap berbeda-beda, ada yang sangat rendah hati, biasa-biasa saja, atau sikapnya yang buruk.

Misalnya, seorang pemimpin yang memimpin suatu hal, tentu sikap rendah hati adalah salah satu hal terbaik dan itu salah satu pencapaian yang luar biasa. Bukan hanya itu, pemimpin yang memiliki sikap ini akan sangat dihargai oleh orang lain, sehingga ia akan selalu siap memimpin dan dipimpin.

Tawadhu (rendah hati) ini berkaitan dengan perkara hati, yang dimana menahan amarah, senantiasa bersyukur dan menjauhi sikap sombong. Salah satu nikmat yang kita dapat jika senantiasa rendah hati adalah akan selalu tenang.

Nah, kita masuk kepembahasan tentang Mengapa kita harus memiliki perilaku rendah hati...

1. Wujud Kesyukuran

Ketika kita sadar betul bahwa, kita ini hanya ciptaan dengan 1 tujuan yaitu beribadah. Berbagai nikmat yang Allah berikan, baik berupa harta, umur, kesehatan dan sebagainya. Sehingga, kita senantiasa untuk bersyukur bahwasanya ada yang lebih berkuasa atas segala-galanya. 

Misalkan, kamu merasa paling kaya di kotamu. Jangan sombong dulu, karena akan ada yang lebih kaya di negaramu dan kamu hanya sebagai butiran kecil dibanding mereka. 

Prilaku sombong atas apa yang kita miliki tentu hal yang buruk dan bisa saja menjadi bumerang atas apa yang kita lakukan kini. 

 Rendah hati membuat kita sadar betapa banyak hal yang wajib kita syukuri. Jangan sampai kita menjadi manusia arogant dan tak tau diri.  Hingga hati kita mati, karena kesombongan, jika masih kental berprilaku buruk ini membuat kita akan sulit bersyukur.

2. Hidup Tenang

Yah, hidup tenang hatipun senang. Siapa sih yang nggak mau memiliki kehidupan yang tenang. Kita sering melihat, bahwa banyak orang yang memiliki harta berlimpah, namun hidupnya kurang tenang. 

Rendah hati kepada seseorang itu wajib, terlebih lagi mengigat kita adalah mahluk sosial yang senantiasa membutuhkan. Kegelisahan ini membuat diri kita tak merasa nyaman dalam beraktivitas. 

3. Kehidupan tidak selalu diatas

Nah, kita pasti setuju bahwa roda kehidupan itu berputar. Yang mungkin kita dulunya orang terkaya dan dihormati, bisa jadi beberapa tahun kemudian kamu menjadi orang terhina yang nggak ada peduli denganmu. 

Semua ada saatnya dimana kita diatas dan dibawah, itulah kenapa kita harus selalu rendah diri dan menghindari sikap sombong. Ketika kita bisa menjaga prilaku kepada orang, setidaknya ketika kita jatuh, pasti ada saja orang yang senantiasa menolong kita, karena kebaikan yang kita lakukan pada masa lalu. 

Oleh karena itu, tetaplah dermawan kepada orang sekitar tanpa mengharap balasan tapi benar-benar ikhlas padanya.

4. Akan ada balasannya

Setiap pebuatan kita, entah itu perbuatan baik/buruk pasti akan ada pertanggungjawaban. Baik itu didunia atau diakhirat. Jika kita selalu bersifat baik kepada orang, akan ada juga hal yang baik dikemudian hari. 

Tapi, lagi-lagi kalau kita sombong. Akan banyak dampak buruk yang akan menimpah kita dikemudian hari. Yah, karena kita tidak tau masa yang akan datang, maka dari itu berbuat baiklah.   

5. Materi tidak dapat membeli kebahagiaan

Yah, walau materi dapat membeli beragam hal. Namun, seberapa banyak uang kita tidak akan cukup untuk membeli kebahagiaan abadi. Karena, kembali lagi bahwa kebahagiaan ini berasal dari hati. Contohnya, seorang koruptor tentu memiliki uang banyak. 

Apakah mereka bahagia? Tenang? Hm, nggak menjamin. Karena apa yang ia dapatkan itu tidaklah berkah dan akan terus mencari lebih dan lebih. 

Hal sederhana yang perlu kamu ingat, bahwa jangan melupakan lingkungan sekitarmu karena mencari materi yang banyak, sehingga kamu terkesan arogant. 

Kebahagian sejati, akan dapat diraih jika kamu paham tentang betapa pentingnya menjalin kepedulian terhadap lingkungan, keluarga ataupun orang lain. 

6. Bijaksana 

Jika kamu berada di fase remaja menuju dewasa, tentu ini menjadi fase kita harus beradaptasi menghilangkan prilaku kekanak kanakan. Tentunya, sikap dermawan/bijaksana akan selalu dinilai kepada diri seseorang.

Agar sifat bijaksana itu bisa muncul pada diri kita, salah satu caranya adalah menanamkan sifat rendah hati, sebab kita bukanlah siapa-siapa yang pantas untuk sombong. Pengendalian ego pada diri kitapun bisa dibilang sudah stabil, sehingga harus terus diasah agar menjadi pribadi yang lebih baik.

7. Melawan Hawa Nafsu

Salah satu ciri ketika orang bisa menahan hawa nafsunya adalah dapat mengendalikan egonya (tidak egois). Prilaku mementingkan diri sendiri atau kadang merasa paling benar telah menandai bahwa prilakunya masih buruk.

Sehingga, jika kita berprilaku rendah diri. Ini dapat mencegah dari prilaku individualis, dan menumbuhkan sikap perhatian, simpati, empati terhadap sesama. 

Baca Juga:

Itulah 7 alasan penting kenapa kita harus berprilaku rendah diri, semoga artikel ini dapat membantumu menjadi lebih baik dan menjadi referensi pengigatmu :")

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "7 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Rendah Hati"