Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 Hy ITzen... maaf ya, karena beberapa hari ini ada masalah dengan domain blog ini, sehingga saya harus ganti dengan domain baru. Begitu juga dengan nama panggilan kalian yang semula Artizen, menjadi ITzen. Oke, cukup basa basinya...

Kali ini saya akan membahas mengenai kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat daya tahan tubuh kita meningkat atau imun tubuh kuat. Kita harus meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di era pandemi saat ini yang begitu banyak virus-virus yang membuat daya tahan tubuh kita berkurang.

Mungkin disekitar kita banyak yang sakit atau bahkan kita sendiri yang sering flu. Itu menandajkan imunitas kamu sedang menurun, maka dari itu penting untuk meningkatkannya.

Daya tahan tubuh sudah menjadi prioritas di era saat ini yang polusi, kolusi, nepotisme (eaa), apalagi virus pandemi covid-19 yang belum usai. Kita dapat liat layanan kesehatan yang sudah berlebihan, ruang rawat inap yang makin sempit. Padahal bukan hanya pasien covid yang harus dirawat. 

Jangan sampai daya tahan tubuh kita kurang, jika itu terjadi kita dapat dengan mudah kena penyakit lainnya. Kita sangat perlu melindungi diri, salah satu caranya dengan menjaga kondisi tubuh dan mencoba untuk tetap bugar.

Ada beragam cara yang  dapat dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan imun tubuhnya, ada yang makan obat cacing, minum susu naga (taulah yaa), hingga bahan-bahan yang orang anggap dapat menangkal virus.

Dari pada konsumsi minuman atau makanan yang belum jelas manfaatnya, mending kita membangun kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari hari. Saat kita membangun kebiasaan baik itu, sistem imun akan lebih terjaga walau tidak konsumsi suplemen kimia.

Kebiasaan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Maka dari itu saya ingin membagikan setidaknya 8 kebiasaan yang membuat daya tahan tubuh makin meningkat. Berikut ini kebiasaan yang membuat daya tahan tubuh lebih baik:

1. Olahraga

Yah, salah satu cara yang sangat efektif dalam menjaga imunitas adalah dengan berolaraga. Olahraga sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, selain itu dengan berolaraga, kita dapat melepas stres dan melepas kalori dalam tubuh kita.

Olahraga nya nggak harus berat kok, nggak harus sampai pergi ke gym. Olahraga dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja, yah waktunya lebih fleksibel. Namun ada waktu yang memang lebih baik, seperti pagi (06:00-09:00) atau sore (16:00-18:00).

Intinya, jangan lewatkan satu hari tanpa Olahraga. Lebih baik kamu olahraga 15 menit, ketimbang 1 jam, tapi tidak konsisten. Istirahat juga penting dalam Olahraga, jika olaragamu berat (ambil 1 sampai 3 x libur dalam sepekan untuk ototmu beristirahat). Jika Olahraga ringan (cukup istirahat 1 x dalam sepekan).

Ditengah pandemi, mungkin kita jarang melangkah untuk keluar rumah. Namun, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk hal ini. Jika ada kesempatan untuk jalan kaki, mending keluar rumah dengan berjalan kaki. Karena itu salah satu alternatif olahraga ringan yang dapat kita lakukan. Lebih bagus lagi melangkah dengan cepat.

Ada salah satu riset yang menunjukkan bahwa berjalan kaki cepat dapat membuat hidup lebih sehat dan umur lebih panjang. Diluar dari keraguan itu, yang terpenting kalau jalan kaki itu membuat kita lebih sehat, bugar dan ini adalah salah satu alternatif olahraga yang ringan. 

Baca Juga:
11 Alasan Kenapa Kita Harus Bersepeda 

2. Chattingan

Kini adalah era dimana teknologi berkembang begitu pesat, walau kita tidak bisa bertemu secara langsung, komunikasi tetap jalan. Dulu kirim surat, kini bisa Chattingan langsung. Dengan komunikasi jarak jauh, hidup terasa lebih mudah.

ITzen: Emm, gimana mau sehat kalau cuman chattingan? Ets, tenang dulu. Dengan kita menjaga komunikasi, itu salah satu menjaga kesehatan mental lho. Salah satu yang membuat imun kita menurun adalah stres, baik karena kerjaan, mengurus anak, dll.

Kita dapat merendahkan stres dengan berkirim meme, pesan teks, atau bercanda dengan sahabat. Tidak hanya menjaga mental, tapi karena kita tidak bertemu, juga lebih aman.

Ets... tapi jangan salah. Jangan sampai karena kalian mengikuti itu. Dan lupa waktu, lupa segala galanya. Dan kerjaanya hanya rebahan tidak jelas. Chat-chatan pun secukupnya, mending cari hal yang lebih membuat hari senang, seperti mengerjakan hobi, menulis, membaca, dll.

3. Berjemur

Matahari pagi penting untuk membangkitkan imunitasmu. Vitamin D yang diperoleh dari asupan makanan (susu, ikan, serial, dll) itu mungkin tidak cukup. Perlu adanya penambahan dengan berjemur.

Perlu diperhatikan juga kalau waktu berjemur nya pada pagi hari (pukul 07:00-10:00), bukan dijam-jam siang. Jangan sampai karena ingin imunitas naik, malah yang naik adalah suhu badan. Kita cukup berjemur di balkon rumah setidaknya kisaran 30 menit.

4. Perbanyak Minum

Minum air mineral sangat penting bagi tubuh, selain untuk menjaga agar kita tidak dehidrasi. Dengan minum yang cukup, kita bisa melarutkan bakteri- bakteri yang ada dalam tubuh kita.

Ini sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh. Lebih baik lagi jika membangun kebiasaan untuk Minum air hangat setiap hari, ini bisa mematikan kuman-kuman yang ada dalam tubuh kita. Dengan beragam manfaat dari air putih, ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk lebih memaksimalkan hasilnya, coba colaborasikan dengan lemon, jeruk, sirsak, alvocado, atau vitamin C dari buah lainnya. Karena, vitamin C sangat berperan dalam imunitas kita.

Berapa liter air mineral sehari? Untuk orang dewasa, kisaran 8 gelas atau total 2 liter dalam sehari. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, karena semakin banyak minum akan lebih baik.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Selain minum yang cukup, konsumsi asupan yang bergizi dengan porsi yang seimbang. Agar hal tersebut bisa membuat tubuh tetap sehat. Jangan hanya mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan atau yang menyenangkan, seperti junkfood yang kurang kandungan gizinya.

Memperhatikan kandungan gizi dalam makanan sama halnya kamu memperhatikan tubuhmu. Tubuh tidak hanya butuh karbo, protein atau lemak. Ia juga butuh, serat, vitamin, mineral.

Maka, jangan malas konsumsi makanan yang berserat, seperti sayur, buah, dll agar dapat menyempurnakan asupan gizimu.

6. Selalu Aktif Bergerak

Jangan sampai pandemi ini membuatmu menjadi kalelawar yang siangnya tidur, malamnya aktif. Walau kita dirumah saja, perlu untuk tetap aktif membuat kegiatan yang lebih produktif. Jangan ada halangan untuk kita berkarya walau dirumah.

Sekali lagi! Tidak ada alasan untuk bermalas malasan. Demi menjaga imunitas, sebaiknya kamu selalu mencari kegiatan agar tetap aktif bergerak.
Tidak hanya olaraga saja, setelah olahraga pun kamu harus menjaga diri agar tidak berleha-leha dikasur (rebahan).

Maka dari itu, lebih baik kita bergerak dari pada tidak sama sekali (mati!).

7. Waktu Istirahat Yang Cukup

Sesibuk apapun aktifitasmu, tubuh sangat butuh yang namanya liburan (istirahat). Ketika kamu beristirahat, tubuh melakukan regenerasi sel dan jeda pada organ. Jadi, usahakan tidur yang cukup (minimal 7 jam sehari).

Tidur yang cukup (jangan berlebihan). Karena, kurang tidur bukan hanya beresiko pada menurunkan imunitas, tapi juga menurunkan mood atau kurang fokus dalam melakukan sesuatu. Itulah, penting bagi kita agar metabolisme tetap terjaga.

8. Hentikan Kebiasaan Buruk

Ada banyak kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan. Mulai dari sekarang, coba agar kebiasaan buruk itu dikurangi sedikit demi sedikit (hingga menghilang). Rokok, nar*oba, junkfood, begadang, dsm.. hanya membuat tubuh kita rusak.

Jangan pernah meremehkan kebiasaan buruk ini, yang membuat kita senang sesaat dan penyesalan berkepanjangan. Kebiasaan buruk juga membuat tubuh kita gampang sakit. Bagaimana mau membiasakan kebiasaan baik, tapi kebiasaan buruk masih jalan? 

Baca Juga:
 9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Diri Kita

Penutup
Pandemi yang melanda dunia, tentu membuat kita semua khawatir. Namun, sebaiknya jangan terlalu khawatir yang berlebihan (waspada boleh, panik jangan). Jika anda orang yang cerdas, maka anda hanya waspada. Kenapa? Karena selalu membiasakan hal baik yang menjaga kesehatan. Pola hidup sehat selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari sekarang, mari kita memulai gaya hidup sehat agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Ayo, tetap konsisten.

Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "8 Kebiasaan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh"