Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Belajar Online yang Efektif di Masa Pandemi

 Sudah berlalu 2 tahun kita melakukan berbagai aktivitas yang mengharuskan kita dirumah, walau memang banyak yang terkendala akan hal itu. Seperti, pekerja yang harus keluar rumah. Salah satu hal yang mengharuskan kita untuk berada dirumah adalah belajar atau sekolah secara daring. 

Jadi, kita banyak menghabiskan waktu didalam rumah untuk melakukan berbagai hal. Kalau kita tidak bisa mengatur waktu atau melakukan kegiatan yang sekiranya bisa membuat kita produktif. Maka, kita hanya akan membuang waktu yang seharusnya kita gunakan untuk hal yang baik.

Disaat kondisi normal saja, kita masih malas-malasan dan kurang efesien memanfaatkan waktu, apalagi disituasi saat ini, kalau bukan kita yang mau mengontrol diri (belajar mandiri). Bisa membuat kita lupa segalanya.

Jika kita terus menerus mengikuti keinginan (nafsu), kita bisa larut terus menerus dibuatnya. Walaupun kita bersekolah dirumah, tapi jangan sampai ilmu yang diberikan kita sia-siakan. Maka dari itu, kita memerlukan sebuah metode belajar yang efektik dikala pandemi ini. 

8 Tips Belajar Online yang Efektif di Masa Pandemi

Sudah cukup untuk menjadi kaum rebahan, saatnya kita bangkit. Kalau perlu belajar skill yang baru, mumpung waktu masih luang. 


Kita sebagai pelajar/mahasiswa, harus mempunyai pengendalian diri. Memposisikan diri kita agar tetap bisa belajar dengan baik dan efisien. Untuk itulah saya ingin memberi beberapa tips belajar dikala pandemi, agar tetap produktif.

1. Tentukan Niat dan Tujuan

Niat sangat penting dalam memulai sesuatu, apalagi memulai menuntut ilmu. Niat yang kuat, maka menghasilkan tujuan yang kuat. Sebaliknya, jika niat kita lemah, maka tujuan yang ingin kita capai sulit.

Itu disebabkan oleh diri kita yang mau tak mau. Jadi, belajarnya pun sekadarnya (kalau lagi mau). Mulailah dari pertanyaan "kenapa". Kenapa sih belajar ini? Kenapa kita harus belajar? Perlu anda tau kalau niat itu selaras dengan tujuan.

Misalkan, niat saya dalam belajar matematika supaya mudah menjawab soal ujian dan nantinya saya tidak menyontek. Dengan itu juga, membuat otak saya bekerja dengan baik dan meningkatkan percaya diri.

Jika niatnya sudah baik dan kuat, sehingga ini nantinya yang akan mendorong untuk terus belajar dan belajar.

2. Siapkan Fasilitas

Nah, yang kedua adalah menyiapkan fasilitas yang sekiranya bisa mendukungmu untuk belajar. Fasilitas akan lebih memberimu semangat yang lebih dalam menuntut ilmu.

Misalkan, laptop (memudahkanmu dalam mengetik dan mengerjakan tugas), papan tulis kecil (catat atau ngerjakan soal hitungan) dan semacamnya.

Bagaimana jika itu tidak ada? Ya, tidak masalah. Itu bukan masalah besar, asalkan kamu punya keinginan lebih buat belajar. Kalau kamu orangnya tidak mudah putus asa, itu hebat.

Juga penting untuk menyiapkan ruangan khusus, tempat kita untuk belajar. Jika ruangannya ribut, suara dimana-mana. Itu yang membuat fokus belajar kita teralihkan dengan hal lain. Sehingga, membuat pembelajaran online kita kurang efektif.

Buat suasana ruanganmu nyaman. Dengan itu membuat hatimu juga ikut nyaman dalam menggali informasi. Penting buat ITzen tau, hal yang bisa memicu semangat belajar menurun, bisa disebabkan karena ruangannya yang tidak mendukung.

Bukan berarti saya bilang "buat ruangannya senyaman mungkin". Membuatmu banyak melakukan aktivitas dikasur. Justru itu bisa membuat kita ngantuk ditengah pelajaran. Jika kamu sudah menemukan tempat yang pas, saya yakin suasana hati dan pikiran akan sejalan.

3. Buat Jadwal Belajar

Pentingnya kita memanage waktu disegala hal. Agar kita bisa lebih konsisten melakukan sesuatu, maka penting untuk membuat jadwal belajar online. Jadwal belajar akan membuat kita serasa ingin menyelesaikannya. Kalau tidak diselesaikan, rasanya ada yang kurang.

Kalau hanya mengandalkan perasaan atau mood, saya rasa hanya akan menjadi kaum rebahan. Apalagi, jika disela pembelajaran, ada kesibukan kerja. Maka dari itu, pilihlah waktu yang tepat dan tidak menganggu aktivitasmu satu sama lain.

4. Catat To The List

Nah, ini juga penting terhadap apa yang akan kamu kerjakan. Setidaknya, jika kamu malas membuat jadwal harian, maka harus ada yang namanya to the list. Apa-apa saja yang akan kamu kerjakan dihari ini. Pembelajaran apa yang ingin kamu lakukan.

Jadwal belajar ditambah dengan list kegiatan penting. Akan membuat kita lebih semangat dalam apa-apa yang ingin kita dahulukan. Ini juga akan memberi semangat, seperti didalam game. To the list adalah levelnya.

Jika kita bisa menyelesaikan satu level, maka beranjak ke level selanjutnya. Sebuah tantangan yang tidak membuat kita terhalang, tapi ini justru menantang agar bisa menuntaskannya.

5. Pastikan Internet Stabil Saat Belajar

Ini sih harus ya, bahkan paling penting. Kenapa? Yah, karena internet lah yang akan menghubungkan kita satu sama lain. Jika koneksi internet tidak ada, sama halnya kita tidak bisa mengakses berbagai media pembelajaran.

Juga jangan lupa, belilah kouta atau pakailah kartu internet yang lancar (sesuai daerahmu). Jangan sampai hanya masalah jaringan, bisa membuatmu gagal dalam ujian atau pembelajaran.

Bagaimana jika tidak mampu beli? Sekarang kan juga disediakan internet gratis buat siswa. Walau tidak seberapa, tapi setidaknya ada ya. Yang penting jangan boros, apalagi untuk kegiatan yang kurang produktif (main game). Nggak masalah sekali kali, tapi yang menjadi masalah kalau sudah keseringan.

Jadi, sebelum kita belajar. Pastikan koneksi yang kamu pakai itu berjalan dengan baik dan tak lupa ngecek ketersediaan kouta. Dengan begitu, belajarmu akan lebih fokus dan efesien.

6. Siapkan Cemilan Favoritmu

Agar kamu lebih konsentrasi dan fokus belajar, tidak ada salahnya kamu makan makanan ringan jangan lupa siapkan air mineral. Dengan menyiapkan hal tersebut, kita tidak bolak balik lagi jika kehausan.

Tapi, ada tapinya. Perhatikan juga adab-adab dalam belajar. Jangan sampai kita belajar online dengan guru, kita sibuk nyemil. Perhatikan suasana, dengan siapa kita belajar.

Usahakan makanan yang kita konsumsi itu lebih sehat, misalkan buah-buahan. Yang tentu tak hanya menjadi cemilan mengganjal perut, juga sebagai makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tidak apa sekali kali mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG, ingat.. sesekali.

7. Gunakan Metode 50:10

Ini adalah metode belajar yang bagus untuk kita terapkan, yakni 50 menit kita fokus buat belajar dan 10 menit sisanya kita pakai buat otak istirahat, bisa dipakai main hp atau semacamnya, tapi jangan sampai kebablasan.

Otak juga perlu istirahat, nggak usah terlalu memaksakan, santai saja. Begitu juga hati yang perlu istirahat. Dengan kita mengatur suasana hati dengan baik, maka suasana otak juga akan baik. Santay dan enjoy dalam belajar apalagi online, sangat diperlukan. Jangan lupa ya, istirahat.

8. Evaluasi Hasil Belajar

Nah, setelah kalian menerapkan metode belajar diatas. Maka, saatnya mengukur sejauh mana hasil dan pemahaman kita terhadap materi belajar yang kita pelajari. Skill atau kemampuan apa yang baru kita pelajari. Soal atau pelajaran apa yang telah kita kerjakan.

Itu semua penting untuk kita evaluasi kembali, karena dengan pengulangan dan evaluasi. Maka, dapat membuat kita lebih mengenal pelajarannya dan yang mana yang harus dibenahi. Agar apa yang kita pelajari dirumah atau online, tidak sia-sia. Karena itu, jangan lupa untuk review pembelajarannya.

Kita semua tau, apalagi siswa/mahasiswa yang sebelumnya belajar offline. Eh, karena pandemi covid-19 yang mengharuskan kita belajar dirumah, membuat segalanya berbalik arah. Perbedaan yang sangat signifikan, antara belajar online dan offline.

Kalau bukan kita yang mau belajar, apalagi kalau kurang dorongan dari orang sekitar. Maka, pelajaran apapun sulit buat dimengerti (yah, tidak belajar).


Nah, itulah 8 tips yang dapat kita lakukan dalam menunjang pembelajaran online agar tetap efektif dan efisien. Nah, kalau cara belajar kalian selama pandemi, gimana nih? Sudah efektif atau masih menjadi kaum rebahan? Jika belum, ayo mencoba dan konsisten mengikuti tips fokus belajar diatas.
Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "8 Tips Belajar Online yang Efektif di Masa Pandemi"