Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Terpercaya di Indonesia

 

Asuransi syariah merupakan perusahaan yang memiliki tujuan untuk saling tolong menolong antar sesama melalui investasi dengan akad sesuai hukum dan syariat Islam. Karena itu, daftar perusahaan asuransi syariah terpercaya di Indonesia sudah seharusnya diketahui.

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah menggunakan akad takaful atau tolong menolong dengan menggunakan dana tabarru’ atau dana sosial. Sedangkan, asuransi konvensional menggunakan akad tabaduli atau dikenal dengan akad jual – beli.

Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Terpercaya di Indonesia

Asuransi merupakan perusahaan yang hadir untuk memberikan bantuan serta jaminan kepada masyarakat dalam meminimalisasi kerugian-kerugian yang mungkin terjadi. Asuransi hadir dalam berbagai jenis mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga asuransi pendidikan.

Untuk mengurangi beban finansial yang mungkin dikeluarkan akibat berbagai kerugian, kini masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan diri mereka ke berbagai perusahaan asuransi. Salah satu perusahaan asuransi yang banyak menjadi pilihan yaitu perusahaan asuransi syariah.

Perusahaan asuransi syariah menjalankan kegiatan asuransi berlandaskan dengan Al-Quran dan Hadist sehingga sesuai dengan syariat Islam. Karena memiliki dasar hukum Islam, tentunya asuransi syariah bebas riba.

Perusahaan asuransi syariah terpercaya

Sebelum bergabung dengan perusahaan asuransi syariah, pastinya Anda harus memastikan terlebih dahulu perusahaan tersebut terpercaya atau tidak. Ini dia daftar beberapa perusahaan asuransi syariah terbaik dan terpercaya di Indonesia.

1. Takaful Keluarga Sharia Life Insurance

Takaful Keluarga merupakan perusahaan asuransi syariah yang telah berdiri sejak tahun 1994. Karena telah beroperasi cukup lama, perusahaan ini menjadi salah satu pelopor adanya perusahaan asuransi syariah di Indonesia.

Perusahaan asuransi syariah ini telah meliputi berbagai komponen termasuk perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, pendidikan anak, jaminan hari tua, serta berbagai komponen lainnya dalam perencanaan investasi.

Takaful keluarga menjadi perusahaan asuransi terpercaya karena selain memiliki sitem manajemen mutu berstandar internasional, perusahaan ini juga telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).0

2. Allianz Indonesia

Sebelum memiliki perusahaan asuransi syariah, Allianz terlebih dahulu membangun perusahaan asuransi umum dengan nama PT Asuransi Allianz Utama Indonesia pada tahun 1989. Pada tahun 1996, perusahaan tersebut mengembangkan sayapnya dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life.

PT Asuransi Allianz Life bergerak dalam bidang asuransi bisnis, asuransi kesehatan serta dana pensiun. Baru pada tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life bekerja sama dan membangun bisnis asuransi syariah.

• Ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya di Indonesia, kedua perusahaan asuransi ini telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).+

3. PRULink Syariah Assurance Account

PRULink Syariah Assurance Account (PAA) merupakan perusahaan asuransi syariah yang didirikan pada tahun 2007 di bawah naungan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Perusahaan asuransi ini merupakan bagian dari Prudential PLC yang berdiri di London.

Sejak mendirikan perusahaan asuransi mereka sendiri, Prudential diketahui menjadi pemimpin pasar asuransi syariah di Indonesia. Karena itu, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan asuransi syariah terpercaya.

Selain memiliki reputasi yang baik, Prudential Syariah juga telah memiliki izin usaha dari Menteri Keuangan sejak tahun 2007.

4. Manulife Indonesia

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia telah berdiri sejak tahun 1985. Perusahaan asuransi ini menawarkan asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, serta investasi dana pensiun. Perusahaan ini merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation.

Selain bergerak dalam bisnis asuransi umum, perusahaan ini juga memiliki unit syariah mereka sendiri yang mulai beroperasi pada tahun 2009. Unit ini telah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional MUI serta izin yang tertera dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan.

Selain itu, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia juga telah terdaftar dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: perbedaan antara asuransi syariah dan konvensional

5. AIA Sakinah Assurance

AIA Sakinah Assurance merupakan bagian dari PT AIA Financial yang bergerak secara khusus dalam bisnis asuransi syariah. AIA Indonesia merupakan anak perusahaan AIA Group, yaitu perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia serta tercatat dalam bursa saham.

AIA yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, serta asuransi tabungan terencana itu pertama didirikan di Shanghai pada tahun 1919. Baru pada tahun 2016, AIA resmi meluncurkan AIA Sakinah Assurance.

Perusahaan asuransi syariah yang satu ini telah berhasil memenangkan berbagai penghargaan di Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa AIA bisa Anda pilih sebagai perusahaan asuransi syariah terbaik. Selain itu, AIA juga telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Asuransi Sinar Mas Syariah

Perusahaan asuransi syariah ini berada di bawah naungan Sinar Mas Group. Mereka menawarkan berbagai pilihan asuransi seperti asuransi kecelakaan diri, asuransi mobil, asuransi uang, hingga asuransi kebakaran.

Berjalan sesuai dengan syariat Islam, perusahaan asuransi ini mengedepankan prinsip tolong menolong dalam kebaikan serta ketakwaan.

Tidak perlu khawatir, Asuransi Sinarmas Syariah telah terdaftar dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

7. BNI Life Syariah

PT BNI Life Insurance melebarkan sayap dalam bisnis asuransi syariah dengan membangun perusahaan BNI Life Syariah. Perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai pilihan asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan syariah, dan asuransi unit link syariah.

Jika menggunakan layanan asuransi dari perusahaan ini, Anda akan memperoleh santunan meninggal dunia baik akibat kecelakaan ataupun non kecelakaan. Perusahaan ini juga akan menguntungkan nasabah berusia lanjut karena memiliki asuransi jiwa untuk orang tua.

BNI Life Syariah telah mengantongi izin usaha sebagai perusahaan asuransi jiwa melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan. Selain itu, perusahaan ini juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

8. Asuransi Astra Syariah

Asuransi Astra Syariah merupakan perusahaan asuransi syariah yang berdiri pada tahun 2005. Perusahaan ini merupakan bagian dari Asuransi Astra yang merupakan anak perusahaan Astra Internasional Tbk.

Perusahaan asuransi syariah ini menawarkan berbagai pilihan asuransi yang sama dengan asuransi konvensional, bedanya mereka menjalankannya sesuai dengan syariat Islam. Perbedaan tersebut terletak pada akad, pengelolaan dana, serta wording polisnya.

Memiliki slogan menentramkan, adil, dan menguntungkan, Asuransi Astra merupakan perusahaan asuransi resmi yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

9. AXA Mandiri Syariah

PT AXA Mandiri Financial Service memiliki sebuah perusahaan asuransi syariah yang bernama AXA Mandiri Syariah. Perusahaan ini menawarkan perlindungan seumur hidup atau hingga usia 100 tahun serta menanggung biaya rawat inap di seluruh wilayah ASEAN.

Perusahaan ini juga menawarkan berbagai pilihan asuransi untuk nasabahnya, antara lain asuransi kesehatan syariah, asuransi jiwa syariah, serta asuransi pendidikan syariah. Hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi hidup Anda.

Selain itu, AXA Mandiri Syariah juga merupakan perusahaan asuransi resmi dan terpercaya karena diawasi secara langsung oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN – MUI).

Itu dia daftar perusahaan asuransi syariah terpercaya di Indonesia. Daftar tersebut dapat Anda jadikan referensi dalam memilih perusahaan asuransi syariah. Karena dengan terdaftar asuransi, hidup Anda akan lebih tenang karena dapat meminimalisasi kerugian.
Aksa Asri
Aksa Asri Tempatku melamun akan berbagai hal :")

Post a Comment for "9 Daftar Perusahaan Asuransi Syariah Terpercaya di Indonesia"